English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Doughlas Purba

Rossi dan Lorenzo Tak Terkejut dengan Kecepatan Marquez

Written By Unknown on Thursday 28 March 2013 | 13:50:00


JEREZ, Kompas.com - Dua pebalap tim pabrik Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, mengakui mereka tak terkejut dengan kecepatan Marc Marquez selama uji coba pra-musim MotoGP 2013. Pasalnya, pebalap berusia 20 tahun itu sudah memperlihatkan kemampuannya selama masih di kelas 125 cc dan Moto2.

Rookie MotoGP dari tim Repsol Honda ini memperlihatkan penampilan yang sangat impresif selama dua kali uji coba resmi di Sepang karena selalu bersaing di barisan depan. Bahkan pekan lalu dalam uji coba privat di Circuit of the Americas, Austin, Marquez menguasai tiga hari tes tersebut.
Ini bukan sebuah kejutan besar, karena dari tahun lalu Marquez sudah mengesankan di Moto2. Dia mulai bekerja untuk MotoGP di Moto2 dengan ubah gaya balapnya dan mencoba menunggang motor semirip mungkin dengan MotoGP.
-- Valentino Rossi
Juara dunia Moto2 ini dengan mudah melewati Lorenzo dan Rossi, dan juga jauh lebih cepat dari rekan setimnya, Dani Pedrosa. Performanya itu membuat semua orang harus mengangkat alis untuk memperhatikannya.

Tak heran jika banyak anggapan bahwa Marquez langsung menjadi penantang serius dalam musim pertamanya bersama mesin RC213V. Rossi dan Lorenzo pun memberikan tanggapannya.

"Performa Marquez tak mengejutkan saya. Saya sudah melihatnya di kelas 125 cc dan Moto2 dan dia memang sangat cepat dan juga untuk usianya, dia sudah memiliki pengalaman yang bagus. Dan pada musim lalu di Moto2, dia sudah jauh lebih tangguh dibandingkan para rival, sehingga kami sudah menduga dia akan cepat sejak awal MotoGP," ujar Lorenzo, saat peluncuran Yamaha YZR-M1 untuk musim 2013, di Jerez, Jumat (22/3/2013).

"Namun dia membuat saya sangat terkesan di Austin di mana dia benar-benar sangat cepat. Saya mengikutinya selama satu atau dua lap dan dia tak mendorong 100 persen, tetapi dia sangat cepat dan sangat penuh teknik.

"Dia jauh lebih cepat dari kami, tetapi kami perlu melihat apa yang terjadi di sini, di Jerez, dan juga saat kejuaraan. Tetapi dia memiliki segalanya untuk bertarung di kejuaraan dunia sejak awal."

Rossi juga mengakui jika penampilan Marquez baru-baru ini di Austin sangat hebat. Karena itu, tak perlu diragukan lagi jika Marquez bisa konsisten untuk bersaing memperebutkan gelar juara dunia pada musim pertamanya di kelas premier.

"Ini bukan sebuah kejutan besar bagi saya, karena dari tahun lalu Marquez sudah mengesankan di Moto2. Dia mulai bekerja untuk MotoGP di Moto2 dengan mengubah gaya membalapnya dan mencoba menunggang motor semirip mungkin dengan MotoGP," ungkap pebalap Italia tersebut.

"Kami harus mengatakan bahwa dia berada di tempat yang tepat, di saat yang tepat, karena dia memiliki motor yang bagus dan dia pun hebat, begitu juga dengan timnya. Mereka memiliki pengalaman yang bagus dan mereka sudah melakukan pekerjaan yang hebat di masa lalu.

"Di Austin dia membuat saya sangat terkesan. Tentu saja dia akan kompetitif untuk meraih kemenangan pada musim ini, tetapi saya tak tahu untuk kejuaraan. Saya masih berpikir jika untuk kejuaraan, Lorenzo dan Pedrosa lebih kuat dan mereka bisa memanfaatkan keunggulan pengalaman untuk mendapatkan lebih banyak poin di 18 seri."

Sumber : Kompas.com

0 comments:

Post a Comment