English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Doughlas Purba

Perluasan Spektrum Windows 8, Generasi Teranyar Microsoft

Written By Unknown on Thursday 28 March 2013 | 00:38:00


Untuk bekerja yang butuh keyboard, butuh mouse, tinggal mengaktifkan desktop mode.

windows 8,microsoftWindows 8. (Simon Chavez/dpa/Corbis)
Windows 8, sistem operasi (operating system/OS) terbaru dari Microsoft didukung inovasi-inovasi yang makin memudahkan pengguna. OS ini menempatkan diri sebagai ekosistem yang bisa diterapkan di segala tingkatan spektrum dan tingkatan harga. Sebab, perluasan jangkauan ini berarti Windows dapat beroperasi ke dalam berbagai jenis perangkat yang ada.
Ini dipaparkan oleh Norman Sasono, Technical Evangelist Microsoft Indonesia kepada National Geographic Indonesia, di Jakarta, Kamis (10/1). "Visinya adalah membuat pengguna nyaman, menguntungkan konsumen," ujar Norman.
Menurut Norman, Windows 8 ini dirancang sebagai OS yang "great for work, great for play". Dibandingkan platform lain yang terbatas, Windows 8 merupakan OS yang mampu mengintegrasikan fungsi pekerjaan dan kesenangan.
Fasilitas sinkronisasi data lewat Microsoft Account, misalnya, akan otomatis "memindahkan" data dari perangkat yang satu ke perangkat lain. Data tersebut seperti album foto, musik, dan video yang telah diunduh dan disimpan, atau orang-orang yang terhubung dengan Anda di kontak dan social media.
Untuk pekerjaan yang membutuhkan keyboard dan mouse, cukup mengalihkan Windows 8 menjadi dekstop mode yang berjalan stabil dengan fondasi Windows 7.
"Serta Windows 8 punya fitur storage Cloud Computing yang memudahkan Anda untuk menyimpan dokumen file apa saja. Seperti Ms. Word, Ms. Powerpoint dan lain. Lalu kembali membukanya di device yang Anda inginkan. Bahkan, bila device Anda tidak memiliki Microsoft Office, akan dibuka melalui versi browser (Web App)," terang Norman.
Ia bercerita, seringkali terbantu untuk update pekerjaan di berbagai tempat, atau mengecek dan memperbaiki kesalahan di suatu dokumen pada detik-detik terakhir. "Intinya, Windows 8 adalah everybody's machine. OS yang secara luas bisa diaplikasikan, bisa diaktifkan di perangkat mana pun, tak peduli itu notebook, tablet,smartphone, bahkan televisi kalau melalui Xbox."
Sejauh ini, respon Windows di pasar Indonesia cukup baik. Lucky Gani, Windows Business Group Lead, Microsoft Indonesia mengatakan bahwa, penjualan produk Windows 8 menanjak dibandingkan Windows 7.
"Kami tujukan Windows 8 bagi seluruh kalangan, antara lain pelajar, karyawan, kantor pemerintahan, dan lain-lain," sebut Lucky.
Semua brand komputer PC di Indonesia rata-rata sudah memakai Windows 8. Begitu pula sejumlah tablet, contohnya Asus VivoTab dan Lenovo ThinkPad Tablet 2. Untuk Windows Phone, yang sudah beredar di Indonesia baru Nokia dengan seri Lumia 820 dan 920; HTC dengan seri 8X dan 8S; Samsung dengan seri ATIV S; serta Huawei dengan seri Ascend W1.
(Gloria Samantha)

0 comments:

Post a Comment