English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Doughlas Purba

Pendakian Gunung Semeru juli 2012

Written By Unknown on Sunday 24 March 2013 | 01:25:00

Ga ada perencanaan matang untuk mendaki gunung yang satu ini,, persiapan nya pun mepet.. hanya dalam dua hari sudah langsung berangkat ke pegunungan tengger.
Semeru,, salah satu di jawa timur ini memang tergolong dalam satu gunung tertinggi di jawa,, khususnya jawa timur.. tapi jalur pendakian untuk gunung yang satu ini relative lebih mudah dan jelas. Hanya untuk mendaki ke Puncak MAHAMERU yang melelahkan dan sulit. Dan untuk perjalanan gunung yang satu ini saya memutuskan untuk Mendaki sendirian.

Bandung 16 juli 2012 saya punya keputusan yang entah darimana datangnya memutuskan untuk mendaki gunung semeru. Mulai mencari info tentang perjalanan ke sana dan bertanya pada orang yg pernah mendaki salah satu gunung favorit pendaki ini. 2 hari saya mencari tau informasi dan mempersiapkan perlengkapan standar untuk naik gunung. Pada tanggal 18 juli 2012 pukul 17.00 berangkat menggunakan kereta dari bandung menuju Malang (Jawa Timur). Dengan biaya sekitar Rp 120.000. sampai di stasiun malang sekitar pukul 7 pagi, istirahat makan.

Jam 08.00 nya  langsung berangkat menggunakan angkutan umum ke terminal Arjosari Rp 4.000, dari sini langsung lagi naik angkutan umum lagi ke pasar tumpang dengan biaya Rp 7.000. turun di Pemberhentian terakhir angkot nya. Saya sampai di pasar tumpang sekitaran pukul 10 siang, dan disebrang tempat saya turun saya ternyata pull nya jeep pengangkut wisatawan/pendaki ke Ranupani atau bisa juga buat yang mau ke Bromo. Karena saya Sendiri dan baru saya yang datang, terpaksa harus nunggu penumpang lain (biar ga berat Bayarnya) soal nya biaya 1 jeep Rp 450.000, terserah berapa banyak penumpang nya (semuatnya jeep aja). Akhirnya saya Titip Ransel sama Sopir Jeep nya, saya jalan2 liat2 dulu skalian belanja.

Waktu saya kembali penumpang nya ada 3 orang (suami, istri ama anak nya umur 12 tahunan) dia bilang mau bayar Rp 380.000 sisanya Rp 70.000 saya yg bayar jadi Pas Rp 450.000. kata nya mereka mau ke Ranu Kumbolo, besokannya langsung ke Bromo mereka kejar Waktu katanya, akhirnya saya ok kan. Kata supir nya sih td nya ada BULE jg sepasang, tapi ga mau bayar Rp 100.000/org dan memilih jalan kaki ke Ranupani yang memakan Waktu sekitar 1 setengah jam naik Jeep dan nanjak terus *Bule sarap kayak nya* akhirnya kita berangkat sekitar jam 11.00 dan ditengah jalan sekitar 2 km perjalanan ketemu ama bule sepasang yang dibilang sopir td “beneran jalan lohh..!!!” pas ketemu mereka lagi nawar warga buat nganter ke ranupani naik motor, dan pak sopir nawarin mereka lagi tapi bayar Rp 60.000/org dan masih ditawar ama tuh bule. Maksud si supir sih biar yg keluarga itu ga bayar terlalu mahal, akhirnya disetujui dan saya jg ikutan dapat potongan jadi Rp 60.000. hahahh..di perjalanan si bapak coba2 ngobrol ama 2 bule, sementara saya pura-pura ga ngerti mereka ngomong apa. *Ga konsen sih, si bule yang cewe nya duduk depan saya pakeannya seksi cakep pula. Jadi makin indah aja pemandangan sepanjang perjalanan. Hahahh..
Sampai di ranupani akhinya, sekitar jam 12.30 langsung ijin sempat bermasalah sih ama perijinannya, soalnya sendirian dan baru pertama ke sana. Tapi setelah negosiasi, dikasih ijin juga (sesama org Sumatra soalnya,*kasih logat batak dikit) hahhah. Waktu saya melobi perijinan rekan2 saya selama di jeep memutuskan  naik diluan sekitar jam 1 mereka udah naik. Bener2 sendirian dah,, packing ulang barang belanjaan sekitar jam setengah 2 saya start jalan.