English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Doughlas Purba

Jembatan Selat Sunda Segera Terealisasi

Written By Unknown on Thursday 28 March 2013 | 00:48:00


Tiga universitas besar di Indonesia, UI, UGM, dan ITB sepakat untuk mengembangkan infrastrukturnya

selat sunda,lampung,bantenSelat Sunda, perairan penghubung antara daratan Lampung di Pulau Sumatra dengan Banten di Pulau Jawa. (Dwiyanti Kusumaningrum/Fotokita.net)
Jembatan Selat Sunda sebagai penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera akan segera terealisasi. Tiga universitas besar di Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung menyatakan sepakat dalam mengembangkan infrastrukturnya.
Didampingi oleh Menko Perekonomian RI Hatta Rajasa di Balai Senat UGM, Kamis (28/6), ketiga universitas menandatangani nota kesepahaman bersama. Kepala Bidang Peningkatan Mutu Penelitian UGM Harno Dwi Pranowo mengatakan, tim dari ketiga perguruan tinggi telah menyiapkan pelaksanaan jembatan selat Sunda yang memang sudah dipesan lama oleh pemerintah.
“Dalam perencanaan ini, kami menempatkan diri sebagai akademisi dan rencananya hasil penelitian akan dipresentasikan tahun depan sekitar Maret-April 2013 mendatang,” ujar Harno.
Diungkapkan Harno, kajian yang dilakukan UGM, UI dan ITB tersebut tidak hanya pada masalah kesiapan infrastruktur saja, tapi secara keseluruhan termasuk faktor ekonomi dan sosial. Kesiapan wilayah yang mendapat dampak utama pembangunan seperti Provinsi Lampung dan Banten turut pula menjadi kajiannya.
Rektor UGM Pratikno mengatakan, kesepakatan kerjasama dalam hal pengembangan infrastruktur tersebut dilakukan dalam rangka mendorong Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I) dalam bidang infrstruktur yang progresif dan berkeadilan.
“Hal ini menjadi pekerjaan berat bagi perguruan tinggi untuk ikut berkontribusi memikirkan pendidikan dalam bidang infrastruktur. Kerja sama juga akan dilakukan dalam bidang penelitian manajemen infrastruktur yang progresif dan berkeadilan dan pengabdian masyarakat,” katanya
Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB Wawan Gunawan A Kadir menambahkan, dengan kerjasama ini diharapkan mampu membangun bangsa Indonesia dan memberi manfaat bagi masyarakat. Tak hanya itu, hasilnya pun akan menjadi maksimal bila dikerjakan dengan keterlibatan banyak ahli.
Proyek jembatan Selat Sunda ini mulai dirancang sejak tahun 1960 silam. Gagasan awal proyek jembatan ini berawal dari gagasan Sedyatmo (alm), seorang guru besar di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia menggunakan konsep Tri Nusa Bima­sakti yang berarti penghubung antara tiga pulau, Sumatra, Jawa, dan Bali. Proyek ini menjadi bagian proyekAsian Highway Network.
(Olivia Lewi Pramesti)

0 comments:

Post a Comment