English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Doughlas Purba

Perjalanan Gunung Merbabu Via Wekas

Written By Unknown on Monday 11 March 2013 | 18:44:00

Saya salah satu anggota komunitas pecinta alam di salah satu universitas di Bandung. saya ingin berbagi pengalaman dengan anda seputar perjalanan saya ke gunung merbabu.. perjalanan ini dilaksanakan pada tanggal 9 april 2012.


Berangkat dari Bandung - pasar sapi salatiga  menggunakan Bus Bandung express (tujuan Jogja) yang memakan waktu sekitar 12 jam dengan biaya sekitar Rp 90.000. Turun di pasar sapi. dari pasar sapi naik angutan menuju kopeng @ Rp.4000 ( sampai pemberhentian terakhir angkutan) kemudian menuju gapura desa wekas menggunakan angkutan desa @Rp3000/orang.
Dari gapura Untuk menuju Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam) kami harus mencari angkutan lagi karena untuk sampai ke Pos PHPA nya cukup jauh dan sangat menanjak, jadi mendingan naik angkutan atau bisa menggunakan ojek @Rp.20.000/org. 

Sesampainya di pos PHPA melakukan pendaftaran, makan siang, berdoa dan memulai pendakian pukul 14.00 WIB.
Kami sampai di Pos 1 pukul 15.30 WIB kami langsung melakukan orientasi medan manual karena kondisi memungkinkan setelah selesai, beristirahat dan kami melanjutkan pendakian pukul 16.00 WIB.Sepanjang perjalanan kami melewati banyak pipa dengan air mengalir yang deras, hari pun mulai gelap, jalan setapak mulai licin karena banyak genangan air dan kami mulai berjalan berdekatan. Sebelum mencapai Pos 2 kami melewati sebuah tempat yang disebut Pipa Bocor disana terdapat pipa yang bocor dengan air yang deras menghambur keluar pipa lalu kami mengisi botol kosong yang di bawa sebelum berangkat sanpai penuh. Pukul 19.05 WIB kami sampai di Pos 2 dan langsung mendirikan tenda serta membuat makan malam.

 
Paginya Pukul 09.15 WIB kami langsung berangkat dari basecamp menuju puncak. Jalan menuju puncak merupakan hutan heterogen yang tertutup dan kemudian terbuka kembali disertai jalan yang mulai berbatu
Perjalanan semakin menanjak dan terlihat batas vegetasi, jalur sudah berubah dan kami harus berhati-hati untuk berjalan karena jalur terdiri dari batu-batu besar, pandangan tebuka sehingga terlihat pemandangan dibelakang kita sangat bagus dan akan membawa kita ke persimpangan Jalur Thekelan & Jalur Wekas, persimpangan ini terletak antara Pos Pemancar & Pos Helipad. Kemudian setelah melewati Jembatan Setan kita akan sampai di persimpangan, ke kiri menuju Puncak Syarif dan ke kanan menuju Puncak Kenteng Songo. Saat saya sampai di Puncak Kenteng Songo pukul 14.58 WIB. kira-kira berjalan selama 5 menit kami sampai di Puncak Trianggulasi Gunung Merbabu. NIKMATI PUNCAK
Setelah puas di puncak kemudian turun sekitar pukul 16.00. Kami Turun melalui jalur Selo karena besok Harinya ingin melanjutkan perjalan menuju Gn.Merapi.

0 comments:

Post a Comment