English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Doughlas Purba

Perempuan dilarang makan ini saat haid

Written By Unknown on Wednesday 21 August 2013 | 14:58:00

Tubuh dan mood perempuan dipengaruhi dengan kondisi masa bersih dan masa menstruasinya. Sejumlah gejala seperti kram, mual, nyeri dan sakit kepala juga dirasakan selama menstruasi akibat kontraksi rahim.

Kebanyakan wanita mengalami gejala-gejala melelahkan dan menguras fisik selama menstruasi karena kurangnya nutrisi yang tepat. Tapi sembarang mengonsumsi makanan tanpa memerhatikan kandungan manfaatnya juga bisa merugikan tubuhnya.

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari selama menstruasi:

Kafein
Kafein adalah salah satu minuman utama untuk dihindari saat menstruasi. Hal ini karena kafein akan menyempitkan pembuluh darah Anda, yang pada akhirnya akan mengakibatkan kepala pusing dan tubuh semakin gemetar.

Mengonsumsi kafein saat menstruasi juga akan menyebabkan tubuh Anda mengalami dehidrasi. Hal ini akan mengakibatkan ketidaknyamanan menstruasi. Karena Anda akan merasa haus terus menerus dan tubuh lemas.

Makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi
Hindari makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula yang terlalu tinggi seperti permen, soda atau safron selama periode menstruasi Anda. Hal ini karena makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi akan menyebabkan gula darah naik dan crash. Ketika kadar gula darah Anda tiba-tiba crash, Anda akan mudah merasa kesal, rewel dan lesu.

Makanan panggang
Saat menstruasi, Anda sebaiknya jangan mengonsumsi makanan dari hasil olahan panggang. Hal ini untuk menghindari nyeri kram yang berlebih. Makanan panggang mengandung banyak asam lemak yang akan mendorong tingkat estrogen. Hal ini yang akan menyebabkan sakit secara tiba-tiba di dalam rahim. Hal ini akan mengakibatkan eskalasi kram menstruasi.

Makanan kaleng atau olahan
Selama periode menstruasi, Anda dianjurkan untuk menghindari makanan kaleng seperti olahan daging atau keju, kecap dan MSG, dan makanan kaleng yang mengandung 200mg sodium per porsi atau lebih.  Hal ini terjadi karena makanan kaleng atau olahan selalu mengandung sodium, dan natrium yang harus dihindari selama menstruasi karena menyebabkan retensi air dan membuat tubuh membengkak.

Biji-bijian olahan
Biji-bijian asli yang diolah dengan cara penambahan bumbu lainnya dan bahkan zat pengawet, maka akan hilang semua kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mengonsumsi biji-bijian seperti ini akan berpengaruh pada kadar gula. Selain itu biji-bijian ini akan sangat mempengaruhi nafsu makan. Akibatnya akan dapat mempengaruhi gejala menstruasi.

Selain biji-bijian, makanan seperti pasta, nasi putih dan roti putih sebaiknya harus dihindari (dikuragi porsinya) jika Anda ingin mengurangi gejala kram saat menstruasi.

Gorengan
Nikmat sebagai makanan camilan, tapi gorengan mengandung tinggi lemak, yang juga dapat meningkatkan kadar estrogen. Makanan yang digoreng seperti kentang goreng, ayam goreng dan onion ring harus dihindari untuk menjaga tingkat estrogen yang stabil, untuk mengurangi nyeri dank ram saat menstruasi.

0 comments:

Post a Comment