English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Doughlas Purba

TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI LOMBOK

Written By Unknown on Wednesday 22 June 2011 | 00:22:00


Gunung yang berada di ketinggian 3.726 meter dpl ( di atas permukaan laut) yang terbentang dalam kawasan taman nasional seluas 41.330 hektar, menawarkan pesona alam yang mampu mengundang decak kagum. Itulah sebabnya mengapa wisata anda kurang lengkap jika belum mengunjungi gunung Rinjani. Panorama yang indah disepanjang jalur pendakian yang terbentang dari lombok barat sampai lombok timur, perpaduan alam hutan hujan pegunungan dengan savana khas nusa tenggara.


Di lembah sebelah barat terdapat danau segara anakan yang luasnya 1.100 hektar. danau yang berada diketinggian 2.008 mdlp ini mempunyai air yang berbau belerang. Selain keindahannya ditengah-tengah danau muncul gunung vulkanik baru, yang oleh masyarakat setempat diberu nama gunung baru jari, yang berarti Gunung baru jadi. dan bagi anda yang punya kegemaran mancing bisa melepas leleh dengan memancing.

Gunung rinjani merupakan tempat yang sangat di skralkan bagi masyarakat lokal baik yang beragama Islam, Hindu, maupun orang-orang yang menganut watu telu, Umat hindu mengadakan perayaan persembahyangan setiap 1 tahun sekali yakni pada acara yang mereka sebut pakeleman, yang biasanya jatuh pada bulan september tahun masehi. Dan pada saat itu biassanya ratusan umat hindu baik yang penduduk asli lombok maupun yang berasal dari bali akan memenuhi areal perkemahan di dekat danau.


Disisi lain pada setiap bulan maulid masyarakat lokal yang beragama islam juga mengadakan ritual, selain berdo'a untuk mendapat berkah juga melakukan terapi penyembuhan, dimana masyarakat lokal sangat percaya akan hasiat pemandian air panas yang ada di rinjani untuk menyembuhakan berbagai macam penyakit.


Permandiaan ini dapat melepas lelah setelah melakukan pendakian. Di tempa pemandian ini anda dapat menemukan banyak tempat dengan suhu yang bereda-beda, dari yang paling panas, panas sampai yang sedang.


Dari ketinggian 2800meter dlp anda dapat melihat matahari tenggelam. Matahari akan tengelam perlahan-lahan dibalik gunung sengkareng. Gunung rinjani merupakan wisata andalan pulau lombok dalam rangka menggaet wisatawan.






0 comments:

Post a Comment